HOME    PROFIL    KORPORASI    PROYEK    PABRIK    PRODUK    BERITA    HARGA    DOWNLOAD    CONTACT

Tuesday, December 27, 2005

MASUKAN AGUS ALWIE TERHADAP NOTULEN RUPS

Mengingat saya salah satu peserta yang hadir dalam RUPS ini dan juga sebagai pemegang saham 'resmi' maka saya ingin memberikan beberapa catatan tambahan sebagai masukan:

1. General

Alangkah baiknya bila optimisme diimbangi dengan perhitungan2 bisnis yang cermat sehingga dapat diperoleh gambaran prospek usaha yang lebih menyeluruh dan objektif. Seperti kita semua tentunya mengetahui bahwa sukses suatu usaha bisnis tidak hanya ditentukan oleh keahlian kita dalam hal menghasilkan produk, namun juga harus ditunjang oleh kemampuan yang memadai di bidang Finance, Marketing dan Human Resources. Ketiga hal yg saya sebutkan terakhir ini agaknya masih perlu kita perkuat.

2. Vision & Mission

Mengingat ini suatu unit usaha bisnis ( artinya berorientasi pada 'keuntungan' dan 'manfaat' bagi segenap stake holder ), alangkah baiknya bila Visi dan Misi perusahaan dapat benar2 mencerminkan hal ini, dimana hal ini akan merupakan pedoman utama Direksi dalam menjalankan perusahaan sekaligus sebagai alat ukur penilaian ki! nerja Direksi kelak, selain tentunya Laporan Keuangan sebagai ' technical tools' nya.

3. Finance

- Financial Study seyogyanya dibuat dg lebih baik, lengkap dengan mengikuti standard
- Alangkah baiknya bila financial study tsb dapat benar2 ' bankable'
- Perhitungan2 yg dilakukan sebaiknya lebih konservatif, misal dianggap dulu tidak ' free' dsb.
- 'Sensitivity Analysis' spt yang diusulkan dlm RUPS adalah wajar untuk dilakukan.

4. Marketing

Walaupun dalam notulen disebutkan bahwa bisnis ini tidak mudah dimasuki oleh pihak lain (saya pribadi tidak terlalu sependapat dg ini), saya masih berkeyakinan bahwa strategi marketing yang handal haruslah disiapkan sejak dini, agar kita kelak benar2 dapat memasuki pasar dengan kuat dan dapat menghadapi kompetisi dengan baik, dan tidak se-mata2 mengandalkan relasi / nepotisme.

Jaringan relasi yang kita miliki tentunya harus kita manfaatkan, namun sebaiknya jangan menimbulkan ketergantungan. Kemandirian yg kuat harus kita bangun dari awal sehingga dengan mereka kita lebih baik, namun tanpa mereka kita juga tetap dapat berkembang

5. Human Resources

Kita sudah sepakat untuk mengelola perusahaan ini dengan sungguh2 dan professional, oleh karena itu saya menyarankan agar Direksi dapat segera melibatkan tenaga professional dari luar, misalnya utk posisi General Manager dan Finance Manager yang dapat mengelola perusahaan ini ' day to day' secara penuh waktu! . Hal ini juga tentunya akan meringankan tugas Direksi yang biar bagaimanapun tetap memiliki tanggung jawab juga di tempat lain.

Saya percaya bahwa ' the right man on the right place ' akan sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

6. Others

Tentang pendapat para pemegang saham, tentunya yang kita lihat harusnya bukanlah jumlah sahamnya, namun adanya kepercayaan yang diberikan yang merupakan amanah yang tidak boleh kita lecehkan, sia-siakan ataupun salah gunakan.

Untuk Direksi dan Komisaris yang baru, selamat bertugas semoga sukses. Demikian sekedar sumbang saran dari saya. Terimakasih.

Salam, Agus J. Alwie ( Ncoeng ) / AR-77

0 Comments:

Post a Comment

<< Home