HOME    PROFIL    KORPORASI    PROYEK    PABRIK    PRODUK    BERITA    HARGA    DOWNLOAD    CONTACT

Friday, January 27, 2006

DESIGN PABRIK BIODIESEL MENDEKATI TAHAP AKHIR

Berikut kami sampaikan progress Biodiesel 8 TPD Project:

A. Engineering
  • Progress fisik engineering dapat dilihat pada 3-D Model dari Plant Design System software seperti tampak pada gambar diatas.
  • Process/Mechanical: Process Flow Diagram, Piping & Instrumentation Diagram, Process Datasheet untuk semua mechanical equipment, dan Requisition (dokumen pengadaan peralatan) sudah selesai.
  • Piping: Piping Material Specification dan perhitungan volume perpipaan - 1st MTO (material take-off) sudah diselesaikan, piping routing sudah dilakukan sekitar 90%. Mulai hari Senin, 30 January 2006, routing akan dirapikan bersamaan dengan integrasi platform (steel structure) dan foundation dari civil. Pipe routing kearah tie-in, insyaallah dapat dimulai setelah data didapat dari tim site survey yang berangkat ke Medan hari ini.
  • Instrument: Instrument list sudah diselesaikan, namun masih akan dilakukan detail design untuk keperluan operability, mengingat kondisi plant 8 TPD ini elevated plant dan kemungkinan adanya custody transfer antara plant ini dengan PTPN-IV. Diskusi sempat dilakukan dengan pak Dardono mengenai instrumentation/control concept yang praktis dan ekonomis.
  • Electrical: belum dimulai, namun mulai 30 January 2006, pekerjaan sizing cable dan routingnya mudah-mudahan sudah bisa dimulai, mengingat data power consumption untuk semua pumps dan cooling tower sudah didapat dari vendor per hari ini.
  • Civil: basic paltform untuk main process, basic fondation and paving sudah dilakukan. Integrasi dengan equipment layout dan piping arrangement sudah mulai dicoba pagi ini, namun masih belum sukses. Insyaallah hari Senin, 30 January 2006 akan dicoba lagi dengan tim yang lebih lengkap, melibatkan piping, mechanical, dan civil modeler. Hasil perhitungan sementara bill of quantity Civil and Structure adalah: steel structure 11500 kg, concrete volume 29 m3.

B. Procurement:

  • Requisition yang sudah dikirim ke vendor dan fabricator adalah: Vessel, Column, Tank, Plastic Tank, Heat Exchanger, Pump, Vacuum Pump, Agitator, Cooling Tower, Piping (dari 1st MTO)
  • Yang sudah mendapat response (technical dan harga sudah masuk) : Vessel, Plastic Tank, Pump, Cooling Tower
  • Paket yang lain kemungkinan besar akan diresponse technical dan harga mulai minggu depan, sesuai janji para vendor.

Demikian kami sampaikan progress Biodiesel 8 TPD Project.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home